Cara Menghilangkan Rasa Gelisah Menurut Ajaran Islam

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Cara Menghilangkan Rasa Gelisah – Bicara tentang kegelisahan pastinya selalu berhubungan dengan hati, sebab hati merupakan salah satu anugerah yang tidak ternilai harganya pada manusia yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan adanya hati, setiap manusia dapat merasakan perasaan duka, senang, bahagia, kecewa, derita, gelisah dan perasaan lain sebagainya. Adanya hati dalam manusia membuat kehidupan ini penuh dengan kasih sayang dan kedamaian, dimana keberadaan hati dapat menuntun manusia pada cahaya kebenaran.

gelisah

Dan manusia sebagai makhluk yang mempunyai nafsu atau rasa, sangat sering dilanda yang namanya rasa gelisah. Pada umumnya rasa gelisah ini akan hadir dalam diri manusia apabila manusia sedang dilanda atau dihadapakan dengan sebuah masalah akan tetapi dirinya belum siap menghadapi masalah tersebut. Jika kondisi tersebut, pastinya pikiran dan jiwa akan menjadi goyah atau tidak tenang. Ya sebenarnya hal merasakan gelisah atau perasaan yang lain merupakan sebuah fitrah dari manusia, sudah sangat wajar apabil manusia mengalami kegelisahan yang ada di dalam hati.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Meskipun gelisah merupakan salah satu fitrah manusia, namun gelisah juga merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya tetapi jarang dipikirkan atau dipertimbangkan oleh manusia. Hal ini disebabkan, setiap orang mempunyai cara masing masing untuk menghilangkan rasa gelisah yang menyelimuti dirinya. Ada beberapa orang yang menghilangkan rasa gelisah dengan cara syariat agama, ada juga beberapa orang yang cara menghilangkan rasa gelisahnya dengan cara menyimpang dari syariat agama, alhasil meskipun gelisahnya hilang namun dosanya timbul.

Dan kita sebagai umat muslim, apabila sedang mengalami perasaan gelisah di anjurkan untuk mengingat Allah SWT . Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ar Ra’du : 28 yang berbunyi

ar radu

Sudah sangat jelas dengan adanya penjelasan tersebut, salah satu cara menghilangkan rasa gelisah pada diri kita yaitu dengan mengingat Allah SWT. Dan rasa gelisah ini tidak akan menghinggapi kita apabila hati kita tenang dan tentram. Untuk lebih jelasnya lagi berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa gelisah dalam hati menurut agama Islam.

Cara Menghilangkan Rasa Gelisah Menurut Ajaran Islam

Sabar

Salah satu hal pertama yang dilakukan oleh Baginda Nabi Saw menghadapi rasa gelisah yang disebabkan oleh masalah atau cobaan yaitu dengan selalu meneguhkan jiwa yang dibingkai dengan kesabaran. Dan bisa dikatakan rasa sabar ini merupakan sebuah pondasi utama dalam menghadapi semua permasalahan yang sedang menghampiri kita. Dan sesusungguhnya Allah beserta orang orang yang sabar, pentingnya peranan sabar dalam menghadapi sebuah cobaan jgua dapat menstabilkan kacaunya akal pikiran yang disebabkan beratnya beban yang harus dipikul.

Curhatkan semuanya kepada Allah

Sebaik baiknya tempat untuk mencurahkan semua beban yang ada di dalam hati kita yaitu Allah SWT. Mengadulah dan curahkan semua beban yang ada dalam hati kita hanya kepada Allah semata, dimana hanya Allah lah yang mampu meringkan semua beban kita dan pemberi harapan terbaik. Sebagaimana QS. Al Fatihah 5

Al fatihah

Insya Allah dengan curhat kepada Allah swt, maka setiap beban yang pikul akan terasa ringan. Dari pada curhat kepada teman, terkadang tidak bisa memberi jalan keluar dan bahkan bisa menjadi bomerang bagi diri sendiri. Sebab yang namanya manusia tidak luput dari yang namanya khilaf dan kesalahan.

Khusnudon atau positive Thingking

Salah satu cara menghilangkan rasa gelisah yang bisa anda lakukan selanjutnya yaitu dengan berpikiran positive. Sebab dengan berpikir positif, setiap kesulitan atau beban yang ada di dalam diri kita akan terobati sebab setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya yang akan dibantu oleh Allah SWT.Maka dari itu selalu lah percaya kepada Allah, bahwa setiap cobaan yang kita hadapi merupakan salah satu ujian dari Allah dan yang akan mengatasinya pun Allah SWT. Sebagaimana janji Allah dalam Qs Al-Insyirah 5-6 yang berbunyi

cara mengatasi rasa gelisah

Dzikrullah

Dan yang paling penting untuk cara menghilangkan rasa gelisah dalam jiwa yaitu dengan melakukan dzikrullah atau mengingat Allah. Sebagaimana yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa salah satu cara menghilangkan rasa gelisah yaitu dengan mengingat Allah. Dan untuk cara mengingat Allah yaitu dengan berdzikir, selain dapat mengobati rasa gelisah, berdzikir juga dapat menenangkan hati. Maka dari itu usahakan berdzikir sehabis shalat, berdzikirlah semampu kita yang penting dalam berdzikir dengan khusu dan memasrahkan segalanya kepada Allah.

Shalat

Bahwa shalat merupakan ibadah yang paling utama bagi umat Islam. Dan shalat sendiri merupakan sebagai sarana atau media untuk menangkal dan penawar berbagai macam penyakit hati yang berada di dalam hati manusia. Sebagaimana firman Allah dalam QS.Az Zumar : 23.

shalat

Kurang lebihnya ulasan artikel mengenai Cara Menghilangkan Rasa Gelisah Menurut Ajaran Islam yang bisa kami berikan kepada anda, harapan kami dengan adanya ulasan artikel ini kita dapat mengatasi semua masalah yang sesuai syariat Islam dan menjadikan kita semakin dekat kepada Allah SWT.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Cara Menghilangkan Rasa Gelisah Menurut Ajaran Islam | jarjit jarjit | 4.5