Tara Cara Menyembelih Hewan Qurban Yang Sah

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Tara Cara Menyembelih Hewan Qurban Yang Sah – Bila sudah tiba bulan dzulhijjah, maka seluruh umat muslim akan merayakan hari raya idul adha atau yang dikenal juga dengan hari raya qurban. Karena setiap hari raya ini, pasti akan ada acara penyembelihan hewan qurban. Dan bagi anda yang dirasa sudah mampu untuk berqurban karena finansial anda sudah menyukupi, maka anda diwajibkan untuk memberikan satu hewan untuk diqurbankan. Dan bagi anda yang ingin berqurban, mungkin akan lebih baik jika anda menyembelih sendiri hewan yang akan anda qurbankan. Dan hewan yang akan diqurbankan juga harus memenuhi syarat hewan kurban.
cara menyembalih hewan qurban
Dan bagi anda yang berniat untuk menyembelih sendiri hewan yang akan anda qurbakan, maka anda harus mengetahui cara menyembelih hewan qurban yang sesuai dengan syariat. Agar hewan yang anda qurbankan itu dapat sah dimata Allah SWT. Dan untuk anda yang ingin mengetahui tata caranya secara lengkap, maka anda bisa langsung saja untuk melihat cara menyembelihnya yang akan kami berikan secara lengkap dibawah ini.

Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban

  1. Menggunakan pisau yang tajam, semakin tajam pisaunya, maka akan semakin baik. Hal ini telah didasarkan oleh hadist Syaddad Bin Aus radhiallahu ‘anhu, jika Nabi SAW berkata. ” Sesungguhnya Allah SWT mewajibkan melakukan ihsan dalam segala macam hal. Apabila kalian membunuh, maka bunuhlah secara ihsan, dan jika kalian menyembelih, maka sembelihlah secara ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihnya.” (HR. Muslim)
  2. Baiknya tidak mengasah pisau yang akan digunakan untuk menyembelih dihadapan hewan yg akan disembelih. Hal ini dapat membuat hewan yang akan disembelih itu takut sebelum disembelih, hal ini didasarkan pada hadist Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma yang mengatakan “Rasulullah SWA memerintahkan agar mengasah pisau tanpa memperlihatkan kepada hewan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah)
  3. Menghadapkan hewan ke kiblat.
  4. Membaringkan hewan qurban diatas lambung sisi kiri.
  5. Menginjakan kaki pada bagian leher hewan.
  6. Membaca Basmalah hendak akan menyembelih.
  7. Membaca takbir
  8. Menyebutkan nama orang yang akan menjadi tujuan hewan qurban tersebut.
  9. Menyembelih dengan cepat supaya meringankan apa yang sedang dialami hewan.
  10. Memastikan pada bagian kerongkongan, tenggorokan, atau dua urat leher itu telah terpotong dengan pasti.
  11. Dilarang mematahkan leher sebelum hewan tersebut benar-benar mati.

Demikian itu informasi yang dapat kami berikan mengenai hewan qurban pada kesempatan kali ini, semoga saja dari sedikit informasi yg baru saja kami berikan kali ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi anda. Jika anda masih ingin melihat informasi mengenai islam lainnya, maka anda bisa melihat infromasi yang sudah pernah kami berikan sebelumnya. Barang kali saja anda bisa menemukan informasi yang sedang anda cari-cari.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Tara Cara Menyembelih Hewan Qurban Yang Sah | vengking | 4.5