Hukum dan Hikmah Qurban di Hari Raya Idul Adha

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum dan Hikmah Qurban di Hari Raya Idul Adha – Qurban atau dalam bahasa arab sering disebut dengan Udhhiyah berarti hewan sembelihan atau hewan yang disembelih. Sedangkan di dalam Islam berqurban adalah sebuah ritual yang dimana dilakukan penyembelihan hewan ternak yang dipersembahkan kepdaa Allah SWT. Biasanya ritual ini dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam yaitu pada tanggal 10-13 bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Umat Islam di Indonesia menyebut ritual ini sebagai hari raya Idul Adha atau Hari raya kurban.

Hikmah qurban

Terus bagaimana hukum qurban menurut agama Islam, kebayakan ulama dari kalangan sahabat menyatakan bahwa hukum qurban yaitu sunnah muakkadah. Meskipun hukum berkurban sunnah muakkadah, namun melakukan qurban sangat dianjurkan bagi mereka yang sudah mampu secara keungan. Adapun dalil atau sabda Nabi tentang berkurban bisa anda lihat dibawah ini

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Sabda Nabi
Melihat sabda Nabi diatas, sudah sangat jelas bagi mereka yang melakukan qurban akan mendapatkan pahala dari Allah dan mendapatkan kebaikan. Maka dari itu sangat dianjurkan bagi mereka yang mampu secara keuangan untuk melakukan kurban. Secara sosial berkurban juga memiliki beberapa manfaat yaitu dapat membantu mereka yang kurang mampu untuk bisa mengkonsumsi daging ternak yang tidak bisa dibeli oleh mereka.

Dan bagi anda yang ingin melakukan kurban, ada yang harus anda perhatikan sebelum melakukan kurban salah satunya syarat hewan qurban yang akan anda kurbankan diantaranya hewan yang dikurbankan merupakan jenis hewan ternak, hewan yang akan dikurbankan harus terhindar dari penyakit, usia hewan tidak boleh kurang dari satu tahun dan lain sebagainya. Adapun beberapa hikmah qurban yang bisa kita ambil diantaranya:

Hikmah Qurban di Hari Raya Idul Adha

  1. Hikmah qurban Pertama yaitu sebagai pengingat nikmat nikmat yang telah Allah berikan kepada Nabi Ibrahim dengan digagalkannya penyembelihan putranya Nabi Ismail AS yang diganti dengan seekor kambing dari surga
  2. Hikmah qurban Kedua yaitu untuk berbagi rizqi yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia saat Hari Raya ‘Idul Adha yang menjadi hari membahagiakan bagi umat Islam. Ini bertujuan agar yang miskin dapat merasakan kegembiraan seperti yang lainnya. Sesuai dengan Nabi yang di riwayatkan HR Muslim yang berbunyi “Hari Raya Qurban adalah hari untuk minum, makan dan dzikir kepada Allah”
  3. Hikmah qurban Ketiga yaitu untuk memperbanyak rizqi bagi yang berkurban itu sendiri, sebab setiap orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah akan mendapatkan balasan berlipat ganda.

Itulah beberapa informasi hikmah qurban yang bisa kami berikan kepada anda, kami berharap informasi yang kami berikan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan berguna untuk anda semua. Sekedar mengingatkan dikesempatan sebelumnya kami juga telah membahas informasi seputar kurban seperti doa dan niat kurban yang bisa anda baca.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Hukum dan Hikmah Qurban di Hari Raya Idul Adha | doa mustajab | 4.5