Hukum dan Syarat Poligami Menurut Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum dan Syarat Poligami Menurut Islam –┬áPoligami merupakan salah satu diantara syariat Islam, meskipun sebagai salah satu syariat Islam keberadaan poligami dimasyarakat juga banyak di tentang oleh kaum muslimin. Sebab menurut mereka yang menantang poligami, bahwa poligami akan merugikan wanita dan menyakiti hati para istri yang akan dimadu.

poligami

Para ulama sendiri menilai hukum poligami dengan pandangan yang berbeda beda, misalkan Syaikh Mustafa Al-Adawiy yang menyebutkan bahwa hukum poligami adalah sunnah. Sedangkan Syekh Muhammad Abduh mengatakan bahwa poligami hukumnya haram, maksud haram disini yaitu haram bagi seseorang yang tidak bisa berlaku tidak adil.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Dalam praktiknya Nabi Muhammad dalam melakukan praktik poligami pada delapan tahun sisa hidupnya.Nabi Muhammad melakukan poligami istri yang pertamanya meninggal barulah ia menikahi beberapa wanita, namun yang perlu diperhatikan Nabi Muhammad menikahi beberapa wanita bukan karena nafsu dan sahwat. Hal ini terbukti dari beberapa wanita yang dinikahi Nabi yaitu janda mati kecuali Aisyah (putri sahabatnya Abu Bakar).

Islam membolehkan umatnya untuk melakukan poligami, dengan catatan mereka yang akan melakukan poligami memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh islam. Menurut kitabnya ahkamun nikah waz zafaf, ada 4 syarat poligami yang harus dipenuhi apabila seorang laki laki akan melakukan poligami.

Syarat Poligami Menurut Islam

Orang yang mampu berbuat adil
Mampu berbuat adil merupakan salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh orang yang melakukan poligami, mereka harus memiliki sikap adil di antara para istrinya. Jangan orang yang melakukan poligami hanya condong kepada salah satu istrinya, agar istri-istri yang lainnya tidak merasa di zalimi. Maka dari itu jangan sampai melakukan poligami, jika belum bisa berbuat adil.

Aman dari lalai beribadah kepada Allah
Mereka yang melakukan poligami harusnya mereka bertambah ketaqwaan dan keimanannya kepada Allah, namun jika seseorang telah melakukan poligami namun orang tersebut malah menjauh atau lalai dalam beribadah maka poligami menjadi fitnah baginya. Dan melakukan poligami hukumnya haram bagi orang tersebut

Mampu menjaga istri istrinya
Orang yang melakukan poligami, wajib menjaga para istrinya. Bahkan orang yang tidak poligami,menjaga istri merupakan salah satu kewajiban para suami. Untuk orang yang melakukan poligami otomatis memiliki lebih dari satu istri, maka dari sangat ditekankan untuk menjaga istri mereka agar tidak terjerumus dalam keburukan dan kerusakan.

Mampu memberi nafkah lahir
Memberi nafkah lahir merupakan salah salah satu syarat terakhir yang harus di penuhi oleh orang yang melakukan poligami. Orang yang berpoligami wajib mencukupi kebutuhan nafkah lahir para istrinya. Namun jika orang tersebut menafkahi satu orang istri saja belum cukup, maka orang tersebut sangat dilarang untuk melakukan poligami


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Hukum dan Syarat Poligami Menurut Islam | jarjit jarjit | 4.5