Hukum Menceraikan Istri Tanpa Sebab di Ajaran Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Menceraikan Istri Tanpa Sebab ­ Pembahasan tentang Cerai didalam Ajaran Islam adalah berakhirnya suatu hubungan pernikahan Saat ke 2 pasangan baik laki2 maupun perempuan sudah tak ingin melanjutkan kehidupan bersama dalam ikatan pernikahannya, mereka bisa meminta pemerintah utk dipisahkan. Didalam syariah sendiri tindakan cerai merupakan melepaskan ikatan pernikahan atau memutuskan hubungan pernikahan atau perkawinan antara suami dn istri dlm waktu tertentu ato selamanya. Cerai atau perceraian ini hal yang sangat menyedihkan dn memiliki implikasi sosial bagi pasangan yg sudah memiliki keturunan, cerai sangatlah dibenci oleh Alloh SWT maka dari itu sebisa mungkin hindari perceraian atau cerai.

Lalu untuk Hukum Cerai di Ajaran Islam itu sebenarnya beragam bisa wajib, sunnah, makruh, haram dan juga bisa mubah. Dikatakan wajib apabila suami istri tidak bisa didamailan lagi atau dari dua wakil baik dari pihak suami maupun istri gagal untuk membuak perdamaian dan juga apabila darri pihak pengadilan berpendapat bahwa perceraian mereka lebih baik dilakukan. Lalu untuk perceraian dikatakan Sunnah apabila suami tidak mampu menafkahi sang istri dan sang istri tidak mampu menjaga martabat dirinya. Lalu untuk hukum cerai dapat dikatakan makruh apabila suami menjatuhkan cerai ke sang istri yang baik, berakhlak mulia dan memiliki pengetahuan agama. Hukum cerai dapat dikatakan haram apabila sang suami menceraikan istri dalam keadaan haid atau nifas atau dalam keadaan suci usai disetubuhi, sang suami dlm keadaan sakit dengan tujuan menghalangi istrinya menuntut harta pusakanya dan apabila sang suami menceraikan istrinya dgn 3 sekaligus atau 1x tetapi disebut berulang ulang. Lalu hukum cerai yang terakhir yaitu mubah yang apabila sang suami lemah dalam keinginan nafsunya dan sang istri belum haid atau telah putus haid.

Kemudian setelah hukum cerai anda harus tau juga syarat Cerai dan rukun Cerai karena untuk Syarat Bercerai atau rukun bercerai memiliki 2 faktor yaitu suami dn istri. Masing masing faktor memiliki syarat sahnya bercerai. Untuk rukun bercerai bagi suami ada 3 hal yaitu sudah baligh, kemauan dari diri sendiri, dan berakal sehat. Lalu untuk rukun bercerai bagi istri ada 2 hal yaitu belum diceraikan dengan talak sebanyak 3 kali oleh sang suami, dan sudah berakad nikah yang sah. Selain rukun dan hukum bercerai menurut agama. Namun tahukan anda Hukum Menceraikan Istri tanpa sebab? Simak ulasan berikut.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Menceraikan Istri Tanpa Sebab di Ajaran Islam

Hukum Menceraikan Istri tanpa sebab di islam

Hukum Menceraikan Istri Tanpa Sebab secara umum perceraian itu tidak diinginkan dalam agama Islam. Perceraian menjadi salah satu hal kebanggan iblis. Dalam sabda Dr Jabir Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Saw bersabda ” Sesungguhnya iblis singgasana nya adda di atas laut. Dia mengutus para pasukannya. Setan yg paling dekat kedudukannya adalah yg paling besar godaannya. Di antara mereka ada yg melapor, ‘Saya tlh melakukan godaan ini.’ Iblis berkomentar, ‘Kamu belum melakukan apa2.’ Datang yg lain melaporkan, ‘Saya menggoda seseorang, sehingga ketika saya meninggalkannya, dia tlah bepisah (talak) bersama istrinya.’ Kemudian iblis mengajaknya utk duduk di dekatnya dn berkata, ‘Sebaik2 setan ialah kammu.’” (HR Muslim 2813).

Dari hadist yg tertera diatas iblis memuji dn bertrimakasih kepada anak buahnya yang telah berhasil menggoda manusia hingga manusia tersebut telah melakukan perceraian tanpa sebab. Hal tersebut menandakan bahwa iblis benar2 sangat menyukai perceraian. Walaupun pada dasarnya perceraian itu halal. Akan tetapi perceraian sangat disukai oleh iblis karena perceraian sangat memberikan dampak negatif yang sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia terutama bagi yg sudah mempunyai keturunan. Sesuai dgn firman Alloh SWT surat Al Baqarah ayat 102 yg berbunyi “Mereka belajar dari keduanya (harut & marut) ilmu sihir yg bisa digunakan utk memisahkan seseorang dgn istrinya.” Sekian ulasan mengenai Hukum Menceraikan Istri Tanpa Sebab. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Hukum Menceraikan Istri Tanpa Sebab di Ajaran Islam | tegar tegar | 4.5