Penjelasan Hukum Mengoleksi Patung Menurut Islam

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Mengoleksi Patung – Jika dilihat dari sudut pandang seni, patung merupakan sebuah benda tiga dimensi karya manusia yang di akui secara khusus sebagai karya seni. Sementara untuk orang yang menciptakan atau membuat patung sering kali disebut dengan pematung. Kemudian untuk tujuan dari pembuatan patung sendiri yakni untuk membuat sebuah hasil karya seni yang bisa bertahan selama mungkin. Maka dari itu tidak heran jika patung dibuat dari bahan material yang tahan lama seperti granit, kapur dan bahkan tidak juga dibuat dengan menggunakan perak atau pun emas.

Dan jika melihat pada masa lampau, patung sering kali dijadikan sebagai berhala atau simbol tahun. Namun seiring semakin rasionalnya cara berpikir manusia, sekarang ini menjadikan patung hanya menjadi sebuah karya seni. Ya meskipun masih ada beberapa agama yang masih menjadikan patung sebagai simbol Tuhan mereka. Terus bagaiamana pandangan Islam mengenai patung?

Hukum Mengoleksi Patung Menurut Islam

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Semenjak hadirnya agama Islam di bumi, agama Islam sudah mengkharamkan tentang patung atau semua gambar yang bertubuh. Dan tingkat keharaman tersebut akan bertambah apabila patung tersebut mempunyai bentuk orang yang menjadi sesembahan atau orang yang diagungkan seperti Al Masih, raja dan lain sebagainya. Jika demikian tingkat keharamannya akan semakin kuat dan tinggi sehingga terkadang sampai tingkat kekafiran. Seperti yang kita ketahui bersama, agama Islam selalu sangat menaruh perhatian dalam memelihara tauhid. Terus bagaimana Hukum mengoleksi patung menurut Islam? Berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai Hukum mengoleksi patung menurut Islam.

Hukum Mengoleksi Patung Menurut Islam

Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas bahwa Islam sangat mengharamkan dengan yang namanya patung. Maka dari itu sudah sangat jelas, Hukum mengoleksi patung yaitu Haram. Banyak alasan yang membuat Islam memiliki pandangan bahwa Hukum mengoleksi patung haram salah satunya yaitu untuk menghindarkan umat Islam dari yang namanya kesirikan. Meskipun saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa patung hanyalah sebuah karya seni untuk menampilkan sebuah keindahan semata namun pada kenyataannya di negara eropa yang terkenal dengan orangnya yang memiliki pemikiran modern, mereka masih masih menggantungkan sesuatu pada tapal kudanya. Kemudian alasan lainnya yaitu untuk menghidarkan manusia dari perbuatan kebatilan, kelemahan pikiran manusia terkadang menyebabkan mereka mau menerima sesuatu yang tidak benar yang akan menyebabkan mereka akan masuk ke dalam lembah kebatilan.

Maka dari itu untuk mengantasipasi hal hal tersebut, Islam mengharamkan segala yang dapat menggiring kebiasaan terhadap sikap keberhalaan atau yang mengandung unsur keberhalaan. Maka dari itu pintar pintar lah dalam menentukan sesuatu, dan jika anda termasuk orang yang senang dunia seni alangkah baiknya jika anda tidak perlu mengoleksi patung cukuplah dengan melihatnya sebagai karya seni manusia.

Melihat penjelasan diatas tentang hukum mengoleksi patung, bisa disimpulkan diharamkannya patung oleh agama Islam supaya kita tidak terjerumus dalam hal hal yang batil dan kesirikan. Dan jika dipikir dengan sebuah logika atau akal sehat juga yang namanya patung tidak pantas untuk disembah atau diagungkan, hal ini dikarenakan patung merupakan hasil karya manusia. Dan jika anda saat ini sedang mendalami seputar dunia Islam, anda juga bisa membaca ulasan artikel Waktu Dilarang Menguburkan Jenazah yang pembahasan lengkapnya sudah kami bahas pada waktu sebelumnya. Semoga ulasan informasi ini bisa bermanfaat serta dapat menambah wawasan anda seputar dunia Islam, khususnya buat kami berharap ulasan artikel ini  bisa menjadi ilmu yang bermanfaat yang bisa menjadi pahala untuk kami

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Penjelasan Hukum Mengoleksi Patung Menurut Islam | jarjit jarjit | 4.5