Hukum Merayakan Ulang Tahun Menurut Pandangan Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Merayakan Ulang Tahun Menurut Pandangan Islam – Pengertian ulang tahun merupakan hari kelahiran seseorang yang sebagai tanda hari di mulainya kehidupan di luar kandungan atau rahim. Ada beberapa kebudayaan atau tradisi dalam memperingati ulang tahun seseorang biasanya membuat sebuah pesta ulang tahun dengan keluarga maupun teman teman mereka. Hal yang sangat familiar saat merayakan pesta ulang tahun yakni diberikannya hadiah kepada seseorang yang sedang ulang tahun tersebut.

HBD

Dan kebiasaan atau tradisi merayakan ulang tahun hingga saat ini masih sering kerap dilakukan, bahkan untuk mereka yang mempunyai keuangan yang berlebih saat hari ulang tahunnya tiba selalu mengadakan pesta besar besaran untuk memperingati hari kelahirannya tersebut. Oleh karena itu tidak heran jika saat ini banyak menemukan acara acara ulang tahun di hotel maupun di cafe cafe dan kebanyakan masyarakat sekarang ini merayakan ulang tahun dengan cara menyewa badut, mengadakan tebal dan tidak lupa juga meniup lilin. Hal ini tidak lain bertujuan agar hari istimewa mereka dirayakan dengan suka cita. Menurut kami pribadi sebenarnya merayakan ulang tahun boleh boleh saja jika masih dalam tahan kewajaran, dan menurut kami pribadi sendiri alangkah baiknya jika memperingati hari ulang tahun dengan mengadakan syukuran dari pada mengadakan pesta yang manfaatnya belum terlihat. Sebab kebanyakan masyarakat sekarang merayakan ulang tahun terkadang hanya karena sebuah gengsi supaya dilihat sebagai modern dan tidak ketinggalan zaman. Kemudian bagaimana hukum merayakan ulang tahun menurut agama Islam.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Merayakan Ulang Tahun Menurut Islam

Hadist Nabi

Melihat dari hadist pertama bahwa Rasulullah telah bersabda dan menerangkan bahwa kelak umatnya (umat Islam) akan mengikuti tradisi atau kebiasaan dari orang nasrani dan yahudi. Dan ternyata benar apa yang disabdakan oleh Nabi sekarang banyak umat Islam yang mengikuti kebiasaan orang orang yahudi dan nasrani. Dan salah satu kebiasaan atau tingkah laku orang yahudi dan nasrani oleh umat Islam yaitu merayakan ulang tahun dimana terdapat budaya meniup lilin

Selanjutnya hadist yang kedua menjelaskan bahwa Rasulullah telah bersabda yang berbunyi bahwa orang yang mengikuti dan melakukan tingkah laku sebuah kaum atau golongan maka orang tersebut merupakan bagian dari mereka. Dan saat ini banyak orang Islam yang mengikuti kebudayaan atau tradisi orang non muslim dan salah satunya ykni merayakan ulang tahun. Melihat penjelasan dari kedua hadist yang ada di atas bahwa hukum merayakan ulang tahun yaitu haram dilakukan oleh umat Islam.

Itulah pembahasan tentang hukum merayakan ulang tahun menurut pandangan Islam yang bisa anda baca dan pahami, namun jika anda saat ini sedang ingin memperbanyak ilmu hukum Islam lainnya anda bisa membaca artikel tentang hukum mengerjakan shalat sunah sebelum dan sesudah shalat ied yang sudah kami jelaskan di kesempatan yang sebelumnya


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Hukum Merayakan Ulang Tahun Menurut Pandangan Islam | jarjit jarjit | 4.5