Hukum Nikah Siri Menurut Islam dan Ulama

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Nikah Siri Menurut Islam dan Ulama – Bagi masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi mendengar kata nikah siri, dan saat ini nikah siri sering menjadi topik yang hangat dalam perbincangan di kehidupan masyarakat. Dan saat ini ada 2 persepsi yang berkembang di masyarakat, pandangan yang pertama tentang nikah siri yaitu nikah tanpa wali yang sah dari pihak wanita dan persepsi kedua yaitu tanpa adanya pencatatan dari lembaga resmi negara (KUA).

Gambar Nikah Sirih

Jika orang yang melakukan nikah siri dengan pemahaman atau persepesi pertama, berarti nikah sirih orang pertama tersebut tidak sah. Sebagaiamana yang kita ketahui bersama, salah satu syarat nikah yang sah menurut islam adanya wali dari pihak wanita. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa nikah siri dengan pemahaman yang pertama bisa dikatakan tidak sah atau hukumnya haram.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Terus bagiamana nika sirih menurut pandangan Islam, jika melihat dari artinya Siri berarti sesuatu yang tersembunyi, dan tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa Siri juga diartikan zina atau melakukan hubungan seksual, Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT:

Nikah sirih

Artinya

Nikah siriih

Kalimat sirran pada ayat di atas menurut para ulama berati berzina atau lakukan hubungan seksual. Pendapat tersebut dikemukan ulama seperti Qatadah, AnNakh’i, Jabir bin Zaid, Imam Thobari, Ad Dhohak,Hasan Bashri dan Imam Syafi’i. Dan pendapat ini dikuatkan dengan salah satu syi’ir yang disebutkan oleh Imru al Qais :

Dalill nikah siri

Artinya

Arti dalil nikah siri

Hukum Nikah Siri Menurut Islam

Meskipun ada yang ulama yang menyebutkan bahwa nikah siri hukumnya haram namun ada juga ulama yang menyebutkan nikah siri hukumnya sah namun makruh. Berikut ini beberapa pendapat tentang hukum nikah siri,di antaranya

Pendapat Pertama Tentang Nikah Sirih
Pendapatan pertama menyebutkan bahwa nikah siri hukumnya sah tapi makruh, pendapat seperti ini dikemukakan banyak ulama diantaranya Sya’bi, Nafi, Imam Ahmad , Urwah, Sya’bi, Nafi’ dan Umar bin Khattab.

Pendapat Kedua Tentang Sirih
Pendapat kedua yaitu mengatakan bahwa nikah seperti ini hukumnya tidak sah, pandangan dan pendapat seperti ini dipegang oleh ulama Malikiyah dan sebagian dari ulama madzhab Hanabilah.Dan bahkan ulama Malikiyah menyarankan jika seorang laki laki mau melakukan menikah siri, laki laki tersebut harus menceraikan istirinya.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Hukum Nikah Siri Menurut Islam dan Ulama | jarjit jarjit | 4.5