Penjelasan Hukum Nikah Tanpa Wali Menurut Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Penjelasan Hukum Nikah Tanpa Wali Menurut Islam – mungkin ada beberapa orang dari anda yang sedang mengalami masalah mengenai pernikahan yang akan anda jalani,  dan mungkin anda sekarang sedang berencana untuk menikah tanpa menggunakan wali atau tanpa sepengetahuan orang tua yang membesarkan anda dari kecil, contoh kasus apabila anda ingin menikah dengan pacar atau pasangan anda namun orang tua tidak setuju akan hubungan anda dengan pasangan anda dan tidak mau merestui pernikahan yang sudah anda rencanakan dengan pasangan anda, lalu apabila anda berfikir untuk nikah tanpa wali atau tanpa sepengetahuan dari orang tua anda apakah itu sah.
hukum nikah tanpa wali
Dan untuk anda yang mungkin belum mengetahui hukum nikah bagi seseorang yang tidak menggunakan wali, barang kali saja diantara anda ini ada yang pernah melakukan pernikahan namun tidak dihadiri oleh wali, dan anda ingin mengetahui apakah pernikahan yang anda lakukan tanpa wali itu sah atau tidak. Maka anda bisa melihat penjelasannya secara lengkap pada pembahasan yang hari ini akan kami berikan. Dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan yang akan kami berikan untuk hari ini, maka anda akan mengetahui apakah pernikahan yang anda lakukan itu sah atau tidak. Tanpa perlu berlama-lama lagi kalau begitu, langsung saja anda melihat penjelasan lengkapnya yang akan kami berikan dibawah ini.

Hukum Nikah Tanpa Wali Menurut Islam

Dalam pasal 2 UUD 1/1974 yang mengatakan jika pernikahan itu akan sah apabila dilakukan berdasarkan hukum dari masing-masing agama serta kepercayaannya. Dan didalam islam sendiri telah diatur dalam UUD Pasal 14 kompilasi Hukum Islam atau KHI, jika dalam melaksanakan pernikahan itu harus memenuhi syarat nikah yang diantaranya ialah adanya calon suami, calon istri, wali nikah, dua orang saksi, serta ijab kabul. Dan apabila persayaratan tersebut tidak terpenuhi, maka pernikahan yang anda lakukan itu tidaklah sah.

Selain itu dijelaskan pula dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah, Abu Musa al Asy’ari, Ibnu Abbas, dan Abu Hurairah yang mengatakan.
hadist menikah tanpa wali
Dari penjelasan yang ada diatas itu sudah dapat dipastikan jika seseorang yang menikah tanpa adanya wali itu tidak akan sah, jadi untuk anda yang mungkin ingin melakukan pernikahan tanpa persetujuan dari orang tua. Maka anda bisa meminta bantuan kepada pihak keluarga lainnya dari anda seperti paman, bibi, atau mungkin juga nenek dan kakek. Dan ada baiknya pula bagi anda untuk menjelaskan secara baik-baik kepada orang tua anda supaya anda bisa mendapatkan izin dan orang tua mau menjadi wali nikah bagi anda.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Demikian itu sedikit penjelasan mengenai Hukum Nikah Tanpa Wali Menurut Islam yang kiranya kami dapat berikan, mudah-mudahan saja dari sedikit penjelasan yang baru saja kami berikan diatas ini dapat membantu anda. Untuk anda yang mungkin ingin kembali mengetahui beberapa hukum-hukum islam lainnya yang mungkin belum anda ketahui, maka kami memberikan saran kepada anda untuk mencoba melihat tata cara supaya doa kita dikabulkan yang beberapa waktu lalu sudah pernah kami bahas.

Siapa tahu saja diantara anda ini ada yang sedang memiliki sebuah hajat, dan kebetulan juga hajat yang anda miliki itu belum terkabul atau terlaksana. Jadi tidak ada salahnya apabila anda mencoba terlebih dulu melihat tata cara berdoa supaya hajat yang sedang anda inginkan itu dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Atau bisa juga anda melihat kembali udpatean terbaru dari kami seputar bacaan doa dan hukum-hukum islam yang akan selalu kami sajikan kepada anda untuk setiap harinya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Penjelasan Hukum Nikah Tanpa Wali Menurut Islam | vengking | 4.5