Penjelasan Hukum Syukuran Pulang Haji Menurut Islam

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Penjelasan Hukum Syukuran Pulang Haji Menurut Islam –¬†Ibadah Haji adalah rukun Islam yang ke lima setelah puasa yang hukumnya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan bagi mereka yang mampu secara materi, keilmuan da fisik. Melaksanakan ibadah Haji adalah sebuah ritual tahunan yang di lakukan oleh umat Islam di seluruh dunia dengan mengunjungi tanah suci untuk melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan ibadah. Kegiatan ibadah Haji biasanya dilaksanakan setiap bulan zulhijah tiba atau di Indonesia di kenal dengan bulan haji.

Pulang haji

Adapun waktu kegiatan haji yang wajib dilakukan oleh umat islam yakni di mulai pada tanggal 8 Zulhijah pada tanggal tersebut umat Islam bermalam di Mina dan selanjutnya melakukan wukuf di padang Arafah pada tanggal 9 Dzulihijah dan kegiatan terakhir ibadah haji yaitu melakukan melempar jumrah. Dan sebagai negara yang memiliki umat Islam terbesar di dunia, Indonesia selalu mengirimkan jamaah Haji dengan jumlah yang besar ke tanah suci. Karena saking banyaknya pemerintah Indonesia membuat jadwal sendiri pemberangkatan haji tiap kloter dan daerah, meskipun ritual ibadah Haji hanya dilakukan 3 hari saja namun supaya ibadah haji disana lebih khusu pemerintah memberangkatkan jamaah haji jauh hari sebelum pada tanggal 8 dzulhijah. Biasanya para jamaah haji Indonesia disana menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 40 hari.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Syukuran Pulang Haji

Tentunya dengan waktu yang cukup lama, para keluarga rindu akan saudara atau keluarganya yang sedang menjalankan ibadah suci yakni ibadah Haji. Jadi tidak heran jika para keluarga yang ada di tanah air menyambut orang yang pulang berangkat haji dengan rasa haru dan bahagia bahkan ada beberapa di daerah yang mengadakan syukuran pulang haji. Mungkin ada juga beberapa orang yang bertanya tanya apa hukumnya syukuran pulang haji di dalam haji? Kami akan mencoba menjelaskan tentang hukum syukuran pulang haji yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Hukum syukuran pulang haji

Dari hadist tersebut para ulama berpendapat hukum syukuran pulang haji sangat di anjurkan walaupun hukumnya tidak wajib. Dan sebenaranya kegiatan syukuran ini tidak hanya dilakukan saat menyambut orang yang baru pulang menjalankan haji melainkan semua kegiatan safar bisa melakukan kegiatan syukuran. Dengan mengundang tetangga maupun saudara untuk menikmati hidangan makan. Dan dari segi sosial pun dengan adanya acara syukuran tersebut menurut kami dapat membantu orang yang tidak punya secara material. Namun jika anda saat ini sedang mencari tahu tentang hukum asuransi menurut Islam anda bisa membacanya di informasi sebelumnya

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Penjelasan Hukum Syukuran Pulang Haji Menurut Islam | jarjit jarjit | 4.5