Manfaat dan Keutamaan Menikah di Ajaran Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Keutamaan Menikah – Pembahasan tentang Nikah menurut pandangan Islam sendiri adalah terkumpul atau menyatu dua insan Manusia antara Laki – Laki Muslim dan Wanita Muslimah yg telah sah menikah dengan diawali dengan acara Ijab Qobul sehingga mereka sudah sah menikah agar terhindar dari perzinahan karena didalam ajaran islam sendiri perbuatan Zina dilarang oleh Agama atau Haram dan dengan menikah juga mereka dapat membangun keluarga sakinah, mawadah warohmah, lalu perlu kalian ketahui bahwa didalam Nikah sendiri ada beberapa hal yg harus kalian pahami seperti Rukun Nikah dan Syarat Sah Menikah karena kedua hal tersebut sangatlah penting sekali harus kalian ketahui.

Untuk Hukum Menikah sendiri bersifat kondisional atau dapat berubah menurut kondisi atau situasi seseorang yg melakukannya yg antara lain Hukum Melakukan Nikah bersifat Wajib jika seseorang telah memiliki kondisi yg mampu untuk memberikan nafkah lahir batin dan dia sangat khawatir jika tidak segera menikah maka akan melakukan tindakan Zina. Lalu untuk Hukum Nikah Sunnah sendiri berlaku jika seseorang telah ingin menikah dan memiliki kemampuan memberikan nafkah lahir batin kepada calon istrinya, Hukum Menikah bersifat Makruh jika seseorang ingin menikah tetapi tidak mampu untuk memberikan Nafkah dan untuk Hukum Menikah Haram jika seseorang memiliki niatan yg buruk ketika sudah menikah seperti menyakiti istrinya, keluarganya ataupun tindakan jelek lainnya.

Kemudian untuk Perintah Menikah didalam Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Hai para generasi muda atau pemuda barangsiapa diantara kalian yg sudah mampu Menikah maka nikahlah karena sesungguhnya menikah itu dapat menundukan pandangan dan dapat menjaga kemaluan (Terhindar dari Zina). Namun barang siapa yg belum mampu untuk menikah maka hendaklah berpuasa karena berpuasa berguna untuk pengekang atau mengendalikan syahwat (HR Jamaah)”. Lalu untuk Perintah Menikah didalam Firman Alloh Swt yg salah satunya adalah ” Dan kawinkanlah orang2 yg sendirian diantara kamu dan orang2 yg layak (menikah) dari hamba – hamba sahayamu yg lelaki dan perempuan. Jika mereka Miskin maka Alloh akan memampukan mereka dg kurnianya dan Alloh Maha Luas lagi Maha Mengetahui (QS An Nuur, 32)”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Manfaat dan Keutamaan Menikah di Ajaran Islam

Keutamaan Menikah di Islam

Keutamaan Menikah di dalam Ajaran Islam yg pertama ialah akan mendapatkan Pahala karena Menikah merupakan Sunnah Nabi Muhammad Saw dan dengan menikah maka akan terhindar dari perbuatan Zina yg memiliki kadar dosa yg sangat besar, lalu untuk Keutamaan Menikah selanjutnya ialah berhak mendapatkan pertolongan dari Alloh Swt di hari kiamat nanti karena menurut Hadist Tirmidzi ada tiga golongan yg akan berhak mendapatkan pertolongan dari Alloh Swt saat dihari Kiamat yg antara lain Orang yg berjihad atau berperang di jalan Alloh, Budak yg menebus dirinya dari tuannya dan Pemuda atau Pemudi yg menikah karena ingin menjauhkan diri dari yang Haram.

Keistimewaan Menikah juga dapat menjadi pembuka pintu rezeki dan hal tersebut telah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw ” Alloh enggan untuk tidak memberikan rezeki kepada hambanya yg beriman, melainkan pasti diberinya dengan cara yg tak terhingga (HR. Al Faryabi dan Baihaqi) ”. Lalu Manfaat Menikah lainnya adalah mampu menggenapkan separuh agama Islam seperti dituangkan didalam Hadist At Thabrani yg berbunyi, ” Apabila seseorang hamba telah berkeluarga maka dia telah menyempurnakan setengah dari agamanya maka takutlah kepada Alloh Swt terhadap setengahnya yg lainnya ”. Kemudian untuk Keutamaan Menikah diajaran islam selanjutnya adalah Pahala Orang Muslim yg menikah itu lebih banyak jika dibandingkan orang muslim yg belum menikah dan akan berguguran dosa bagi mereka ketika merengkuh tangan pasangannya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Manfaat dan Keutamaan Menikah di Ajaran Islam | tegar tegar | 4.5