Manfaat dan Hukum KB di Dalam Ajaran Islam

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum KB didalam Ajaran IslamPengertian tentang KB singkatan dari Keluarga Berencana adalah gerakan utk membentuk keluarga sehat dn sejahtera dgn membatasi kelahiran dan KB salah satu program pemerintah yang dirancang sebagai penyeimbang jumlah penduduk dengan kebutuhan, program pemerintah ini diharapkan keluarga sebagai unit terkecil kehidupan bangsa mampu menerima Norma Keluarga Kecil Bahagia dn Sejahtera ato disingkat NKKBS. Sebenarnya KB atau Gerakan Keluarga Berencana Nasional Indonesia ini telah ada sejak lama yaitu sekitar tahun 70an. Dalam melakukan KB masyarakat bisa menggunakan beberapa cara atau alternatif untuk mengurangi jumlah kelahiran dan cara tersebut bisa menggunakan  alat alat seperti alat kotrasepsi, spiral, IUD, pil, atau bisa menggunakan cara tradisional.

Lalu hingga kini program KB yang direncanakan pemerintah ini memiliki manfaat yang sangat banyak karena Manfaat KB Bagi Manusia itu sendiri ialah bisa menurunkan resiko terjangkitnya penyakit kanker rahim atau kanker servik, untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan, untuk mencegah tertularnya penyakit berbahaya, menjamin tumbuh kembang bayi, dan manfaat yang paling penting adalah untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak serta dapat meningkatkan kesejahteraan anak. Selain manfaat kb diatas, program kb ini juga memberikan keuntungan dalam hal ekonomi sebuah keluarga dan masyarakat, karena dengan keluarga yang memiliki 2 anak, orang tua mereka akan lebih santai bekerja dan lebih banyak waktu mendidik dan memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anaknya.

Namun disamping manfaat kb yang sangat bermanfaat diatas tadi ada beberapa kerugian yang harus dialami oleh setiap manusia yang melakukan kb. Kerugian KB diantaranya yaitu sering mengalaminya ganggaun haid atau siklus haid yang tidak menentu dan mengalami pendarahan yang tidak teratur, kb juga tidak bisa menjamin perlindungan penularan penyakit seperti HIV, hepatitis B dan lain sebagainya, kemudian bisa juga mengalami keterlambataan kesuburan setelah penghentian pemakaian kb, keterlambatan ini bukan dikarenakan kerusakan atau kelainan pada organ vital, melainkan belum habisnya obat kb tersebut. Lebih parahnya kerugian kb pada penggunaan jangka panjang akan menimbulkan kekeringan pada vagina, menurunkan libido, dan nervositas. Nah dari penjelasan kb diatas, bagaimana si Hukum KB didalam Ajaran Islam yang sebenarnya.? Simak ulasan berikut ini.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Pembahasan Hukum KB di Ajaran Islam

Hukum KB di Ajaran Islam terlengkap

Hukum KB sesunguhnya didlm alqur’an dn hadits tidak ada nas yg shoreh yg melarang atau memerintahkan KB secara eksplisit, karena hukum KB harus dikembalikan kepada kaidah hukum Islam. Tetapi Dalam al-Qur’an banyak sekali ayat yg memberikan petunjuk yg perlu kita laksanakan dlm kaitannya dgn program KB diantaranya ialah Surat An-Nisa pada ayat 9 yang berbunyi ” Dan hendaklah takut pd Alloh orang2 yg seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak2 yg lemah. Mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka. Oleh sebabb itu hendaklh mereka bertakwa kpd Alloh dn hendaklah mereka mengucapkan perkataan yg benar ”. Selain ayat diatas masih banyak ayat yg berisi petunjuk tentang pelaksanaan KB seperti yg terdapat pada surat al qashas ayat 77, al baqarah ayat 233, lukman ayat 14, al ahkaf ayat 15, al anfal ayat 53, dan at thalaq ayat 7.Dari ayat2 diatas maka dpt ditarik kesimpulan bahwa petunjuk yg perlu dilaksanakan dlm program KB yaitu menjaga kesehatan istri, mempertimbangkan kepentingan anak,memperhitungkan biaya hidup rumah tangga.

Kemudian selain penjelasan didalam alqur’an, hukum kb didalam ajaran islam jg terdapat di dlm hadist, hadist kb ialah pd Hadits Nabi Muhammad Saw ” Sesungguhnya lebih baik bagimu meninggalkan ahli warismu dlm keadaan berkecukupan dari pd meninggalkan mereka menjadi beban ato tanggungan org banyak.”  Dr hadits ini menjelaskan bahwa suami istri mempertimbangkan mengenai biaya rumah tangga selagi ke-2nya masih hidup,  jgn sampai anak2 mereka menjadi beban bagi orang lain. Dengan demikian jumlah kelahiran anak hendaknya dipikirkan bersama. Demikian ulasan mengenai hukum kb didalam ajaran islam, semoga bermanfaat.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Manfaat dan Hukum KB di Dalam Ajaran Islam | tegar tegar | 4.5