Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap | Jika anda seorang muslim, tentu anda sudah mengetahui apa itu sholat dhuha. Dimana sholat ini termasuk dalam sholat sunah yang dikerjakan pada saat waktu dhuha atau berkisar antara jam 7 pagi sampai dengan jam 11. Dan hal tersebut tentunya disesuai dengan dimana anda saat ini, karena dari setiap daerah pastinya memiliki posisi matahari yang berbeda-beda setiap waktunya. Namun untuk waktu dari sholat sunah yang satu ini, akan lebih baik dikerjakan pada seperempat kedua dalam sehari atau berkisar antara pukul 9 pagi.

Sholat dhuha ini dapat dikerjakan sendirian atau bisa juga dikerjakan secara berjamaah. Sedangkan untuk jumlah rakaat dari sholat ini dapat dikerjakan dua rakaat dengan satu kali salam. Sedangkan untuk batas maksimal dari sholat sunah ini, masih belum ada penjelasan yang kongkrit. Karena ada beberapa pendapat yang menyampaikan jika batas maksimal sohlat ini adalah 8 rakaat, ada pula yang mengatakan 12 rakaat, bahkan ada yang berpendapat jika sholat sunah ini tidak memiliki batas maksimal. Namun ada tidak perlu memikirkan mengenai batasan maksimal dari sholat tersebut, karena Allah SWT juga melarang kita untuk terlalu banyak beribadah kepadanya. Sehingga anda bisa mengerjakan sholat sunah ini sesuai dengan kemampuan anda.

Niat Sholat Dhuha

niat sholat dhuha
(Usholli sunnatad dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aala.)

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Artinya : Aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala.

Bacaan surat pendek
Untuk suratan pendek yang dibaca ketika sudah selesai membaca surat Al Fatihah ialah surat Asy Syamsi pada saat rakaat pertama, sedangkan untuk rakaat kedua membaca surat Ad Dhuha. Bacaan surat tersebut merupakan berdasarkan dari pendapat Imam Jalal Suyuthi pada Hawsyil Khotib. Sedangkan pendapat Ibnu hajar dan Imam Rajali pada rakaat pertama membaca surat Al Kafirun, dan untuk rakaat kedua membaca surat Al Ikhlas. Karena kedua pendapat tersebut sama kuatnya, maka para ulama memutuskan untuk menggunakan kedua pendapat tersebut. Sehingga pada rakaat pertama membaca surat Asy Syamsi dan surat Al Kafirun untuk rakaat yang kedua. Dan pada rakaat selanjutnya membaca surat Ad Dhuha, dan dilanjutkan membaca surat Al Ikhlas pada rakaat berikutnya.

Doa Setelah Sholat Dhuha

doa sesudah sholat dhuha
(Allahumma Innadh Dhuha-a Dhuha-Uka, Wal Bahaa-a Bahaa-uka, Wal Jamaala Jamaaluka, Wal Quwwata Quwwatuka, Wal Qudrata Qudratuka, Wal Ishmata Ishmatuka. Allahuma Inkaana Rizqi Fis Samma-i Fa Anzilhu, Wa Inkaana Fil Ardhi Fa-Akhrijhu, Wa Inkaana Mu’asaran Fayassirhu, Wainkaana Haraaman Fathahhirhu, Wa Inkaana Ba’idan Fa Qaribhu, Bihaqqiduhaa-ika Wa Bahaaika, Wa Jamaalika Wa Quwwatika Wa Qudratika, Aatini Maa Ataita Ibaadakash Shalihin.)

Artinya : Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.

Demikian itu untuk Doa Sholat Dhuha yang dapat kami berikan kepada anda, mudah-mudahan saja apa yang baru saja kami sajikan diatas ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi anda semuanya.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap | vengking | 4.5