Hukum, Niat dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Istisqa Lengkap


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat Shalat Istisqa – Shalat Istisqa merupakan salah satu shalat sunnah yang dikerjakan untuk meminta diturunkannya hujan. Biasanya shalat sunnah ini dikerjakan saat terjadi kemarau panjang atau sebab dibutuhkannya hujan untuk kebutuhan tertentu. Mungkin anda ingat pada beberapa bulan yang lalu, salah satu daerah yang ada di Indonesia terjadi kebakaran hutan yang sangat parah yang menyebabkan terjadinya kabut asap yang menyebabkan kualitas udara buruk untuk kesehatan.

Shalat Istisqa

Banyak cara telah dilakukan pemerintah setempat dan pusat untuk mengatasi masalah tersebut, dari membuat hujan buatan sampai pemadaman secara manual. Dan beberapa media tv juga menyiarkan masyarakat muslim yang ada di daerah tersebut juga melakukan Shalat Istisqa secara bersama. Tujuan mengerjakan Shalat Istisqa sendiri dengan memohon turunnya hujan untuk bisa memadamkan api yang telah membakar hutan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Shalat Istisqa

Kemudian untuk Hukum Shalat Istisqa sendiri yakni sunnah muakadah atau shalat sunnah yang sangat dianjurkan. Hal ini sesuai penjelasan Nabi Muhammad dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu’anha. Dimana pada hadist tersebut, Nabi Muhammad memerintahkan untuk berdoa kepada Allah SWT supaya segala kekeringan yang terjadi teratasi.

Waktu  Shalat Istisqa

Meski Hukumnya sunnah namun jika diwilayah anda sedang terjadi kekeringan yang panjang dan mengharap turunnya hujan. Umat muslim yang ada di daerah and sangat dianjurkan untuk mengerjakan Shalat Istisqa. Untuk Waktu Mengerjakan Shalat Istisqa sendiri tidak ada waktu yang khusus tapi yang terpenting jangan mengerjakannya diwaktu yang dilarang untuk shalat. Namun menurut Hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu’anha, Waktu Shalat Istisqa yaitu seperti shala id yakni pada saat matahari mulai terbit.

Waktu Shalat Istisqa

Selanjutnya untuk Tata Cara Mengerjakan Shalat Isitisqa, menurut artikel yang dimuat disitus wikipedia bahwa tiga hari sebelum mengerjakan shalat sunnah tersebut terlebih dahulu dikerjakan oleh seorang ulama atau pemimpin untuk menyerukan kepada warga atau masyarakat setempat untuk berpuasa serta bertaubat meninggalkan segala perbuatan maksiat dan kembali ke jalan Allah.

Tata Cara Mengerjakan Shalat Isitisqa

  • Dikerjakan dilapangan
  • Khatib disunahkan menggunakan selendang
  • Saat khutbah pertama khatib hendaknya membaca istigfar sebanyak 9 kali sementara untuk khatbah kedua membaca istigfhar sebanyak 7 kali
  • Dalam berkhutbah dianjurkan untuk memohon ampun serta merendahkan diri kepada Allah Yang Maha Menguasai dan Maha Pengampun dengan keyakinan bahwa permintaan atau permohonan dikabulkan oleh Sang Pemilik Kehidupan.
  • Di khutbah kedua, khatib mengarah ke kibat (membelakangi makmum) sambil membaca doa bersama sama dengan makmum.
  • Sewaktu berdoa hendaknya mengangkat yang tinggi tinggi dengan hati yang tulus, sebagaiamana yang sudah dijelaskan pada artikel adab berdoa yang benar.

Kemudian Cara Mengerjakan Shalat Isitisqa bisa anda pelajari dan anda pahami jika anda ingin mengerjkan shalat sunnah ini. Harapan kami seh mudah mudahan wilayah kita selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT. Kemudian untuk Bacaan Niat Shalat Isitisqa, anda bisa melihatnya dibawah ini.

Bacaan Niat Shalat Istisqa Lengkap

Niat Shalat Istisqa

Bacaan Niat Shalat Istisqa diatas wajib anda ucapkan apabila anda ingin mengerjakan shalat sunnah ini. Untuk jumlah rakaat Shalat Isitisqa sendiri berjumlah 2 rakaat. Dan jangan lupa juga, para khotib dan makmum juga sangat dianjurkan untuk membaca Do Shalat Istisqa. Berikut ini Bacaan Doa Shalat Isitisqa yang bisa anda baca.

Do Shalat Istisqa

Doa Shalat Istisqa

Arti Doa Shalat Istisqa

Dan orang yang dianjurkan untuk membaca Doa Shalat Istisqa yakni orang yang shalih dan ahli bait, mungkin itu saja yang bisa kami bahas untuk anda mengenai Niat Shalat Istisqa, Cara Mengerjakan dan Doa Shalat Istisqa. Semoga dengan membaca doa, apa yang dikehendaki bisa terkabul. Sebab hanya Allah tempat yang paling baik untuk mengadu serta yang dapat mengabulkan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Hukum, Niat dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Istisqa Lengkap | jarjit jarjit | 4.5