Cara, Doa dan Niat Shalat Tarawih Secara Berjamaah

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat Shalat Tarawih – Sebelum membahas tentang Tata Cara dan Niat Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan, ada baiknya jika kalian mengetahui secara lebih rinci tentang Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan karena Keutamaan Shalat Tarawih Bulan Ramadhan sangatlah banyak sehingga sangat disayangkan sekali bagi kalian para Muslim dan Muslimah khususnya yang ada di Indonesia jika meninggalkan ataupun tidak mengerjakan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan tersebut.

Adapun Pengertian Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan ialah salah satu Shalat Sunnah yang dapat dikerjakan hanya di Bulan Ramadhan dalam Kalender Hijriah (Kalender Islam) saja sehingga Shalat Tarawih tidak dapat dikerjakan di Bulan – Bulan yang lain selain di Bulan Ramadhan (Kalender Hijriah). Untuk Waktu Mengerjakan Shalat Tarawih sendiri dilakukan setelah Masuk Waktu Sholat Isya sampai sebelum Terbitnya Fajar (Waktu Imsak) di Bulan Ramadhan dan bisanya Waktu Shalat Tarawih ini dikerjakan secara Berjamaah setelah selesai mengerjakan Shalat Wajib Isya.

Lalu untuk Hukum Mengerjakan Shalat Tarawih ialah Sunnah Muakkad yang mempunyai artian Shalat Sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh setiap Muslim dan Muslimah, namun tidak berdosa jika seorang Muslim tidak mengerjakan Shalat Tarawih ini karena sekali lagi Hukum Shalat Tarawih ialah Sunnah Muakkad. Hanya saja akan terasa menyesal dan sangat disayangkan sekali jika kalian meninggalkan Shalat Sunnah Tarawih karena didalam Shalat Sunnah Tarawih di Bulan Ramadhan mempunyai Keutamaan dan Keistimewaan yang banyak seperti salah satu contohnya akan mendapatkan Pahala yang luar biasa dari Allah SWT kepada kita.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Tata Cara, Doa dan Niat Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

tata cara shalat tarawih berjamaah dan sendirian

Didalam Tata Cara Mengerjakan Shalat Tarawih ini sangatlah mudah karena dilakukan seperti mengerjakan Shalat Sunnah Dua Raka’at pada umumnya yang diawali dengan membaca Niat Shalat Tarawih dan diakhiri dengan salam di Akhir Raka’at Shalat Tarawih. Lalu Shalat Sunnah Tarawih ini dapat dikerjakan secara Sendirian maupun Berjamaah dan dapat dikerjakan di Masjid maupun di Rumah, hanya saja Shalat Tarawih yang dilakukan secara Berjamaah itu lebih baik dibandingkan dengan mengerjakan Shalat Tarawih secara sendirian karena Pahala Shalat Tarawih Berjamaah akan berkali kali banyak dibandingkan dengan Shalat Tarawih Sendirian.

Kemudian untuk Jumlah Raka’at Shalat Tarawih yang dilakukan oleh Masyarakat Muslim Indonesia itu berbeda – beda karena ada yang mengerjakan Shalat Tarawih dengan Jumlah 8 Raka’at dan ada yang 20 Raka’at. Untuk Masyarakat Muslim Muhamadiyah Indonesia biasanya mengerjakan Shalat Tarawih dengan Jumlah Raka’at sebesar 8 Raka’at yang ditambahkan dengan mengerjakan Shalat Sunnah Witir 3 Raka’at sehingga jumlahnya jadi 11 Raka’at, sedangkan untuk Masyarakat Muslim Nahdlatul Ulama (NU) Indonesia biasanya mengerjakan Shalat Tarawih sebanyak 20 Raka’at yang ditambahkan dengan mengerjakan Shalat Sunnah Witir 1 atau 3 Raka’at baik secara Berjamaah maupun Sendirian.

Adapun untuk Tata Cara Shalat Tarawih Dengan 8 Raka’at dan Cara Sholat Tarawih dengan 20 Raka’at itu sama saja karena didalam Shalat Tarawih disetiap 2 Raka’at terdapat 1 Salam sehingga jika kalian mengerjakan Shalat Tarawih dengan 8 Raka’at maka terdapat 4 Salam dan jika mengerjakan Shalat Tarawih dengan 20 Raka’at maka terdapat 10 Salam didalamnya karena sekali lagi disetiap 2 Raka’at Shalat Tarawih terdapat 1 Salam. Oleh karena itu dibawah ini telah saya buatkan Niat Shalat Tarawih Dua Raka’at secara Berjamaah maupun sendiri, yang tentunya telah saya buatkan secara lebih lengkap karena telah dibuatkan dengan Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Bahasa Indonesia.

Bacaan Niat Shalat Tarawih Sebagai Imam dan Makmum

niat shalat tarawih sebagai imam shalat

Bacaan Niat Shalat Tarawih diatas bisa kalian bacakan saat kalian akan mengerjakan Shalat Sunnah Tarawih yang bertindak sebagai Imam Shalat Tarawih baik itu dengan 8 Raka’at maupun Shalat Tarawih dengan 20 Raka’at.

niat sholat tarawih sebagai makmum

Lalu Bacaan Niat Sholat Tarawih Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Artian Bahasa Indonesia diatas bisa kalian amalkan ketika akan mengerjakan Shalat Tarawih Berjamaah yang bertindak sebagai Makmum Shalat Tarawih baik dengan 8 Rakaat maupun 20 Rakaat.

niat mengerjakan shalat tarawih secara sendirian

Sedangkan Bacaan Niat Mengerjakan Shalat Tarawih Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Artian dalam Bahasa Indonesia diatas bisa kalian amalkan dan bacakan ketika akan mengerjakan Shalat Tarawih secara Sendirian bukan secara Berjamaah karena sekali lagi Shalat Tarawih bisa dilakukan Secara Berjamaah maupun Secara Sendirian.

Bacaan Doa Setelah Shalat Tarawih Terlengkap

Setelah kalian selesai mengerjakan Shalat Tarawih baik 8 Raka’at dan 20 Rakaat yang telah dilanjutkan dengan mengerjakan Shalat Sunnah Witir, maka kalian bisa melanjutkan dengan membaca Doa Setelah Shalat Tarawih dibawah ini :

doa setelah shalat tarawih

Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih diatas bisa kalian bacakan setelah selesai mengerjakan Shalat Sunnah Tarawih dan Shalat Sunnah Witir di Bulan Ramadhan, tentunya kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah bisa membaca Doa Setelah Shalat Tarawih yang lainnya baik menggunakan Bahasa Arab maupun Bahasa Indonesia karena Allah SWT itu maha Mendengar, Maha Mengetahui dan Maha Melihat.

Kemudian sebagai tambahan saja bahwa Keistimewaan Shalat Tarawih menurut Sabda Nabi Muhammad SAW yang pertama bahwa Shalat Tarawih menghapuskan dosa – dosa yang lalu karena dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi, ” Barangsiapa yg melakukan Qiyam Ramadhan karena Iman dan Mencari Pahala maka Dosa – Dosa nya ia yg sudah lalu akan diampuni (Hadist Shahih Bukhari no. 37 dan Hadist Shahih Muslim no. 759) ”.

Lalu Keutamaan Shalat Tarawih yang dilakukan bersama Imam Shalat (Berjamaah) maka seperti mengerjakan Shalat Semalam Penuh karena dari Abu Dzar bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang berbunyi, ” Siapa yg Sholat bersama Imam (Berjamaah) sampai dia selesai maka ditulis baginya Pahala Qiyam satu Malam Penuh ”. Dan yang pasti bahwa Shalat Tarawih itu terdapat Pahala yang sangat banyak dari Allah SWT karena dilakukan hanya di Bulan Ramadhan yang merupakan Bulan Ampunan, Bulan Kemuliaan, Bulan Banyak Pahala dan Bulan Teristimewa yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh Muslim dan Muslimah.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Cara, Doa dan Niat Shalat Tarawih Secara Berjamaah | tegar tegar | 4.5