Cara, Doa dan Niat Shalat Witir Sebagai Imam Makmum


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat Shalat Witir – Pengertian Shalat Witir sendiri ialah salah satu Shalat Sunnah didalam Ajaran Islam yang bisa kalian kerjakan sebagai Umat Islam dan Shalat Witir ini dikerjakan di Malam Hari setelah masuk Waktu Shalat Isya sampai sebelum masuk Waktu Shalat Subuh. Shalat Sunnah Witir ini sebaiknya dikerjakan setelah mengerjakan Shalat Wajib Isya dan Shalat Sunnah lainnya seperti Shalat Tarawih dan Shalat Tahajud karena Shalat Witir dimaksudkan sebagai pemungkas waktu malam untuk mengganjili Shalat – Shalat dengan Raka’at Genap.

Kemudian untuk Hukum Mengerjakan Shalat Witir ini ialah Sunnah Muakkad yakni Shalat Sunnah yang dianjurkan dan diutamakan untuk dikerjakan. Terdapat Hadist Nabi Muhammad SAW yang memerintahkan untuk mengerjakan Shalat Sunnah Witir seperti yang berbunyi, ” Hai para Pencita – Cita Al Qur’an, kerjakanlah Shalat Witir karena Tuhan itu Tunggal (Esa) dan Dia (Tuhan) menyukai kepada bilangan witir (Ganjil) ”. Dan didalam Hadist Ali Ra telah mengatakan bahwa, ” Shalat Witir bukanlah Wajib seperti Shalat Fardhu, tetapi Shalat Witir itu Sunnah yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW ”.

Oleh karena itu walaupun Hukum Shalat Witir itu Sunnah Muakkad tetapi sangat baik sekali untuk dikerjakan oleh kalian sebagai Umat Islam karena kalian akan memperoleh Pahala Sunnah Muakkad dan akan mendapatkan Keutamaan Shalat Witir yang banyak, hanya saja jika kalian tidak mengerjakan Shalat Sunnah Witir ini maka kalian tidak akan mendapatkan Dosa karena sekali lagi Shalat Witir itu Sunnah bukan Wajib. Lalu perlu kalian ketahui bahwa didalam Waktu Mengerjakan Shalat Witir itu dilakukan di Malam Hari setelah Masuk Waktu Shalat Wajib Isya sampai sebelum masuk Waktu Shalat Wajib Subuh dan biasanya jika di Bulan Ramadhan itu dirangkaikan dengan Shalat Sunnah Tarawih.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Tata Cara, Doa dan Niat Shalat Witir Terjemahan Arab Indonesia

niat shalat witir

Sebelum membahas tentang Tata Cara dan Niat Mengerjakan Shalat Witir, ada baiknya jika kalian mengetahui Jumlah Raka’at Shalat Witir itu sendiri karena untuk Jumlah Raka’at Shalat Witir dikerjakan dengan Raka’at Ganjil baik itu 1, 3, 5, 7, 9 dan 11 Raka’at. Hal tersebut pun telah dijelaskan didalam Hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, ” Shalat Witir ialah Hak atas tiap tiap Muslim, Barangsiapa yg suka Berwitir sebanyak 3 Raka’at maka lakukan lah dan Barangsiapa yg berwitir 1 Raka’at maka hendaknya dia melakukannya ”.

Dari Aisyah Ra menerangkan bahwa, ” Nabi Muhammad SAW tidak pernah Shalat Malam (Witir) melebihi dari 11 Raka’at baik itu di Bulan Ramadhan ataupun di Luar Bulan Ramadhan ”. Namun perlu ditekankan disini bahwa didalam Sholat Sunnah Witir ini dikerjakan dengan 2 Raka’at 1 Salam dan 1 Raka’at 1 Salam sehingga jika kalian akan mengerjakan Shalat Witir sebanyak 3 Raka’at maka kerjakan Shalat Witir Dua Raka’at dulu dan setelah itu tinggal kerjakan Shalat Witir Satu Raka’at, begitu juga dengan Shalat Witir sebanyak 5 Raka’at (2 Raka’at + 2 Raka’at + 1 Raka’at).

Bacaan Niat Sholat Witir Terjemahan Arab Indonesia

niat shalat witir satu raka'at sendirian

Bacaan Niat Shalat Witir Terjemahan Arab, Latin dan Bahasa Indonesia tersebut dibacakan jika kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah akan mengerjakan Sholat Sunnah Witir Secara Sendiri dengan Jumlah Raka’at Satu Raka’at.

niat sholat witir dua raka'at sendirian

Lalu untuk Niat Shalat Sunnah Witir Secara Sendiri Dua Raka’at diatas dibacakan jika kalian akan mengerjakan Shalat Witir Secara Sendiri dengan Jumlah Raka’at 3, 5, 7 sampai 11 Raka’at karena sekali lagi didalam Shalat Sunnah Witir hanya terdapat Dua Raka’at Satu Salam dan Satu Raka’at dan Satu Salam sehingga jika kalian mengerjakan Shalat Witir 3 Raka’at maka kerjakan dulu Shalat Witir 2 Raka’at dan dilanjut dengan Shalat Witir 1 Raka’at.

Bacaan Niat Shalat Witir Sebagai Imam dan Makmum

niat sholat witir sebagai imam dan makmum

Bacaan Niat Shalat Witir Secara Berjamaah (Imam dan Makmum) diatas dibacakan jika kalian akan mengerjakan Shalat Witir dengan 1 Raka’at karena jika di Bulan Ramadhan maka Shalat Witir biasanya dikerjakan setelah Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan yang dilakukan secara Berjamaah.

Tata Cara Shalat Witir Secara Lengkap

Kemudian untuk Tata Cara Mengerjakan Shalat Witir ini sangatlah gampang karena masih sama dengan mengerjakan Shalat Sunnah yang lain pada umumnya, yang diawali dengan membaca Niat Shalat Witir dan diakhiri dengan Salam di Raka’at Terakhir. Adapun yang perlu ditekankan sekali lagi kepada kalian bahwa Jumlah Raka’at Shalat Witir itu Ganjil yakni 1, 3, 5, 7, 9 dan 11 Raka’at, hanya saja didalam Shalat Witir boleh dikerjakan dengan Dua Raka’at Satu Salam dan Satu Raka’at Satu Salam.

Sehingga jika kalian mengerjakan Shalat Witir dengan Jumlah Raka’at 3 maka kerjakan dulu Shalat Witir 2 Raka’at dan dilanjut dengan Shalat Witir 1 Raka’at, jika kalian mengerjakan Shalat Witir dengan 5 Raka’at maka kerjakan Shalat Witir 4 Raka’at dengan 2 Salam dan dilanjut lagi dengan mengerjakan Shalat Witir 1 Raka’at dengan 1 Salam. Lalu didalam Gerakan Shalat Witir dan Doa – Doanya masih sama dengan Shalat Wajib 5 Waktu dan Shalat Sunnah sehingga tentunya mengerjakan Shalat Witir tidaklah susah bagi kalian seorang Muslim dan Muslimah.

Kemudian didalam Kelebihan dan Keutamaan Shalat Witir sendiri banyak sekali seperti salah satu nya ialah kalian akan mendapatkan Pahala yang mampu memasukan kalian kedalam Surga karena telah mengerjakan Shalat Sunnah Muakkad yang telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW seperti yang dijelaskan didalam Hadist Shahih Ali bin Ali Thalib Ra yg berbunyi, ” Nabi Muhammad SAW pernah berwitir dan Beliau (Nabi Muhammad SAW) bersabda bahwa Wahai Ahli Al – Qur’an kerjakanlah Shalat Witir karena sesungguhnya Allah SWT itu Ganjil (Witir) dan menyukai sesuatu yg Ganjil ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Cara, Doa dan Niat Shalat Witir Sebagai Imam Makmum | tegar tegar | 4.5