Tata Cara dan Niat Sholat Subuh Sebagai Imam Makmum

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat Sholat Subuh – Pembahasan tentang Sholat Subuh merupakan termasuk kedalam Sholat Fardhu 5 Waktu didalam Ajaran Islam sehingga sudah tentu bahwa Hukum Mengerjakan Sholat Subuh ialah Fardhu Ain atau Wajib dikerjakan dan didalam penjelasan tentang Hukum Sholat Subuh yang Fardhu Ain ini adalah akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sholat Subuh bagi setiap Muslim Muslimah yang mengerjakan Sholat Subuh di Setiap Harinya dan akan mendapatkan Dosa bagi mereka yang meninggalkan atau tidak mengerjakan Sholat Subuh.

Dan Allah SWT pun telah memerintahkan kita sebagai Umat Muslim untuk mengerjakan Sholat Subuh dalam Firman nya didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 78 yang berbunyi, ” Dirikanlah Sholat dari sesudah Matahari Tergelincir sampai Gelap Malam dan Kerjakanlah pula Sholat Subuh. Sesungguh-nya Sholat Subuh itu disaksikan oleh Malaikat (QS. Al Isra Ayat 78) ”. Oleh sebab itu kita sebagai seorang Muslim dengan melihat Firman Allah diatas sudah dapat menyimpulkan bahwa Sholat Subuh itu wajib dikerjakan dan mempunyai banyak Keutamaan didalamnya.

Adapun untuk Keutamaan Mengerjakan Sholat Subuh sangatlah banyak sekali seperti akan mendapatkan Pahala Mengerjakan Sholat Wajib, disaksikan oleh para Malaikat, Dihitung seperti mengerjakan Sholat Semalam Penuh seperti Sabda Nabi Muhammad SAW didalam Hadist Shahih Muslim yang berbunyi, ” Barangsiapa yg Sholat Isya berjamaah maka seolah – olah ia sudah mengerjakan Sholat Malam Selama Separuh Malam. Dan barangsiapa yg Sholat Subuh secara berjamaah maka ia seolah – olah telah mengerjakan Sholat seluruh malam-nya (HR. Muslim Nomor 656) ”.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Lalu Keistimewaan Sholat Subuh selanjutnya ialah sebagai salah cara masuk kedalam Surga dan Berada didalam Jaminan Allah SWT seperti Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, ” Barangsiapa yg Sholat Subuh maka ia akan berada dlm jaminan Allah SWT. Oleh sebab itu jangan sampai Allah SWT menuntut sesuatu kpd kalian dari Jaminan-nya karena siapa yg Allah SWT menuntunya dg sesuatu dari Jaminan-nya maka Allah SWT pasti akan menemukannya dan akan menelungkupkan-nya diatas wajah-nya dlm neraka jahannam (HR. Muslim Nomor 163) ”.

Bacaan Niat Sholat Subuh Sebagai Imam dan Makmum

Kemudian dibawah ini telah saya tuliskan Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Subuh Sebagai Imam dan Makmum Sholat yang tentunya telah dibuat secara lengkap dengan Terjemahan Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia nya, agar kalian sebagai pembaca bisa dengan mudah dalam membaca dan menghafalkan Niat Sholat Subuh tersebut.

niat sholat subuh sebagai imam dan makmum

Itulah Bacaan Niat Sholat Subuh Sebagai Imam Sholat yang bisa kalian bacakan saat akan melakukan Sholat Subuh sebagai Imam dan Niat Sholat Subuh Sebagai Makmum Sholat bisa kalian bacakan saat akan melakukan Sholat Subuh sebagai Makmum secara berjamaah. Adapun untuk Hukum Niat Shalat Subuh ini ialah wajib karena hendaknya orang yg akan mengerjakan Sholat itu meniatkan dan menentukan Sholat yg hendak dia tunaikan dengan hatinya dan Berniat Sholat juga termasuk kedalam Syarat Sah Sholat.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Subuh 2 Raka’at

Sedangkan Tata Cara Sholat Subuh sangatlah gampang karena seperti mengerjakan Sholat Fardhu pada umumnya yang diawali dengan Niat Sholat Subuh dan diakhiri dengan Salam pada Raka’at Terakhir. Lalu untuk Jumlah Raka’at Sholat Subuh ini sebanyak 2 (Dua) Raka’at dan Waktu Sholat Subuh dapat dikerjakan saat munculnya Fajar Shaddiq yakni Cahaya Putih yg melintang di Ufuk Timur dan berakhir saat terbitnya Matahari.

Untuk Cara Sholat Subuh di Raka’at Pertama diawali dengan membaca Niat Sholat Subuh yg dibacakan di dalam Lisan secara lirih maupun didalam Hati dan dilanjutkan dg Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram yg dibarengi dg membaca Takbir (Allahu Akbar). Setelah itu dilanjut dengan membaca Bacaan Doa Iftitah, membaca Surat Al Fatihah dan dilanjut membaca Suratan didalam Al Qur’an baik yg pendek maupun suratan panjang. Setelah selesai membaca Suratan Al Qur’an didalam Raka’at Pertama langsung dilanjut dg melakukan Gerakan Sholat Ruku yg dilanjut dg Gerakan Sholat I’tidal, Sujud Pertama, Duduk Diantara Dua Sujud, Sujud Kedua dan Kembali lagi berdiri untuk Raka’at Kedua Sholat Subuh.

Lalu Langkah dan Cara Shalat Subuh di Raka’at Kedua langsung saja membaca Surat Al Fatihah yang dilanjutkan dengan membaca Suratan Al Qur’an baik Suratan Pendek maupun Suratan Panjang di Raka’at Kedua Sholat Subuh. Setelah selesai membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an didalam Raka’at Sholat Subuh, langsung dilanjutkan dengan melakukan Gerakan Sholat Ruku, Gerakan Sholat I’tidal dan sebelum menuju ke Gerakan Sholat Sujud Pertama maka kalian sebagai seorang Muslim membaca Doa Qunut di Raka’at Kedua setelah I’tidal. Setelah selesai membaca Doa Qunut di Raka’at Kedua setelah I’tidal maka dilanjutkan dengan Gerakan Sholat Sujud Pertama, Duduk diantara Dua Sujud, Sujud Kedua, dilanjut dengan Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dan diakhiri dengan Salam di Tahiyat Akhir Raka’at Kedua.

Mungkin hanya seperti itu saja penjelasan tentang Tata Cara dan Niat Sholat Subuh Dengan Qunut Secara Dua Raka’at dan semoga saja ulasan ini dapat bermanfaat ataupun berguna bagi para pembaca yang khususnya Masyarakat Indonesia karena saya selaku penulis sangat meyakini masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia diluar sana yang membutuhkan informasi lengkap tentang Sholat Fardhu Subuh dan sudah menjadi tugas saya selaku seorang Muslim untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi sesama Muslim secara Online.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Tata Cara dan Niat Sholat Subuh Sebagai Imam Makmum | tegar tegar | 4.5