Urutan Tata Cara Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Urutan Tata Cara Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir – Haji merupakan rukun islam yang nomer lima sesudah syahadat, sholat, zakat, lalu puasa. Dan ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang dilakukan setiap satu tahun sekali yang dilaksanakan di arab saudi, semua umat muslim diseluruh dunia akan berkumpul menjadi satu pada saat tiba bulan haji atau bulan zulhijah. Ibadah ini kurang lebih sama dengan ibadah umrah, yang membedakan hanya lah, ibadah umrah itu dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan keinginan kita. Sedangkan untuk ibadah haji itu harus dilakukan pada saat bulan zulhijah atau bulan haji.
tata cara ibadah haji
Kegiatan utama dari ibadah haji sendiri akan mulai dilakukan saat tanggal 8 zulhijah pada saat seluruh umat muslim bermalam di mina, lalu wukuf di padang arafah yang dilakukan saat tanggal 9 zulhijah. Dan untuk yang terakhir akan dilakukan ialah melempar jumrah yang dilakukan saat tanggal 10 zulhijah. Masyarakat indonesia sendiri sering menyebutnya sebagai hari raya idul adha menjadi hari raya haji, karena hal tersebut bersamaan dengan perayaan dari ibadah haji itu sendiri.

Adapun untuk kegiatan yang ataupun tata cara ibadah haji itu ada yang perlu anda ketahui, jadi anda yang mungkin belum mengetahui tata cara ataupun kegiatan apa saja yang dilakukan pada saat ibadah haji. Maka anda bisa melihat tata caranya secara lengkap dibawah ini.

Tata Cara Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir

  • Umat islam sebelum 8 zulhijah akan menjalankan ibadah tawaf haji yang dilakukan di masjid Al Haram, di mekkah.
  • Tanggal 8 zulhijah, para jamaah haji akan bermalam di padang mina. Dan tanggal 8 zulhijah paginya, jamaah menggunakan pakaian ihram kemudian melakukan niat haji serta membaca bacaan taibiyah. Kemudian jamaah akan berangkat ke mina, dan harus sampai sebelum malam karena para jamaah harus bermalam di mina.
  • Tanggal 9 zulhijah, para jamaah akan pergi ke arafah pada saat pagi harinya, lalu para jamaah melakukan wukuf, yang berupa berdiam diri serta melakukan doa di padang yang luas sampai dengan waktu maghrib. Dan pada saat akan malam, para jamaah akan segera menuju ke muzdalifah dan bermalam disana.
  • Tanggal 10 zulhijah, setelah datang pagi di muzdalifah, maka para jamaah akan segera menuju ke mina untuk melakukan ibadah jumrah aqabah, ibadah melempar batu dengan sebanyak tujuh kali ke tugu yang pertama. Hal ini dilakukan sebagai simbolisasi untuk mengusir setan. Dan setelah itu, para jamaah mencukur sebagian atau seluruh rambutnya, dan selanjutnya para jamaah bisa melakukan tawaf haji atau menyelesaikan ibadah haji atau bisa juga para jamaah bermalam di mina dan melakukan jumrah sambungan.
  • Tanggal 11 zulhijah, para jamaah akan kembali melakukan lempar jumrah sambungan di tugu yang pertama, kedua, serta ketiga.
  • Tanggal 12 zulhijah para jamaah juga masih melakukan hal yang sama seperti pada tanggal 11 zulhijah.
  • Dan pada saat para jamaah akan pulang, para jamaah melakukan tawaf wada atau tawaf perpisahan.

Kiranya hanya itu untuk Tata Cara Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir yang kami dapat sampaikan kepada anda, semoga saja dari apa yang baru saja kami sajikan diatas ini dapat memberikan manfaat yang besar utnuk anda. Dan untuk anda yang mungkin ingin kembali melihat-lihat beberapa bacaan ataupun ajaran islam, mungkin anda akan merasa tertarik untuk melihat hukum syukuran pulang haji. Barang kali saja diantara anda ini ada yang sudah melakukan haji, dan anda ingin melakukan syukuran selepas anda pulang haji.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Dan jangan lupa pula bagi anda untuk kembali mengunjungi situs kami setiap harinya, supaya anda bisa terus mendapatkan update mengenai bacaan-bacaan doa ataupun ajaran-ajaran yang berhubungan dengan agama islam.

loading...

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Urutan Tata Cara Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir | vengking | 4.5